Cinta-cintaan

I love you, I miss you, I need you
Kata-kata itu sudah banyak terucap oleh para remaja sampai anak-anak kecil di Indonesia.
Apa yang salah dari ucapan tersebut?
Sebenarnya itu tadak ada salahnya bila yang mengucap kan adalah orang-orang tertentu.

Tetapi apa jadinya bila anak-anak SD, atau pelajar lainnya yang masih perlu mewujudkan cita-citanya, sudah mengenal dan mengucapkan kata-kata itu kepada teman lawan jenisnya…?
Hari-harinya akan habis hanya untuk masalah cinta, cinta dan cinta tanpa memikirkan hal yang lebih penting lainnya.
Di sekolah pun mereka hanya terkonsentrasi pada masalah cintanya dan tidak memperhatikan pelajaran yang sangat penting baginya.

Menurut ku, penyebab terlalu cepatnya pengungkapan rasa cinta itu (pacaran) adala ulah para pemusik-pemusik terkenal, yang menciptakan lagu hanya bertema cinta, cinta, dan cinta saja (lagu Bullshit).
Lagu lagu itu banyak sekali dipublikasi seperti tanpa ada proses Fliterisasi. Akibatnya yang mendengarkan itu akan terpancing rasa ingin bercintanya kepada lawan jenis mereka mulai dari umur yang sangat muda sekali (SD, SMP, SMA).

Bukannya menyalahi timbulnya rasa cinta kepada lawan jenis. Aku akui bahwa rasa cinta itu adalah sifat manusiawi, tapi aku hanya berharap agar para pemusik dan lembaga-lembaga terkait tidak hanya mempopolerkan lagu bertema cinta. Masih banyak tema lainnya yang bagus untuk dibuat sebagai lagu populer, seperti tema perdamaian, lingkungan, politik, religius, persahabatan, orang tua dan lain-lain agar para pendengar muda Indonesia tidak hanya dituntut untuk berpacaran saja.

Dalam masalah ini pemerintah juga harus memperhatikan dan bertindak. Seperti membuat peraturan komposisi tema lagu pada album musik, contohnya: Pada setiap album, lagu bertema cinta harus tidak boleh lebih dari 2%.
Bila sudah ada peraturan seperti itu, para pendengar muda di Indonesia juga akan terangsang untuk memikirkan hal lain selain dari cinta, cinta, dan cinta.
Mereka akan juga memikirkan apa yang akan dilakukannya untuk kemajuan bangsa, apa yang akan dilakukannya untuk menciptakan perdamaian dan lain-lain demi keuntungan bangsa ini juga.

Semoga saja harapan itu terwujud dan selalu akan menjadi tradisi untuk para pemusik Indonesia agar lebih kreatif lagi dalam menciptakan sebuah lagu.

0 komentar:

Posting Komentar