Pelatihan Animasi PalComTech

Senin 25 Mei 2009.
Aku dipanggil oleh wakil kepala sekolah bidang Humas yaitu Ibu Nurasiah. Rasa degdegan campur penasaran menyatu menyelimuti pikiranku saat aku ingin menemui Ibu itu. Karena merasa tidak pernah melakukan salah, kupercepat tiap langkah ku menuju kantor guru tempat Ibu itu menunggu ku.
Sesampainya di tempat Ibu itu, dengan nada yakin, aku mempertanyakan apa alasannya memanggilku. Tidak lama dari itu, Ibu Nurasiah memberi jawaban dengan sedikit senyuman dan raut wajah yang bersahabat. Ia berkata bahwa aku dan beberapa teman-teman se-ekskul "Blogger 5" di suruh untuk menghadiri kegiatan pelatihan Animasi yang diadakan oleh Universitas PalComTech. Waktu dan tempatnya adalah pada pukul 19.00 s.d 21.00 di Atrium Palembang Indah Mall (PIM).
Saat itu aku merasa sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan yang sangat langka ini.
Perasaan gembira membuatku bersemangat untuk memberi tahu informasi ini kepada teman-teman se-ekskul "Blogger 5".
Tanpa menjelaskan secara detail tentang kegiatan ini, teman-teman ku langsung menerimanya dengan semangat yang menggebu.

Setelah pulang sekolah, aku beristirahat dirumah, mempersiapkan diri untuk malam nanti. Segala rencana ku batalkan demi kesiapan ku itu, termasuk rencana bermain futsal dengan teman-teman sekelasku.

Waktu terus berjalan... dan sampailah pada pukul 16.30. Walaupun masih sangat lama dengan pukul 19.00, aku harus bersiap-siap untuk meng-koordinasi teman-temanku yang lain.

Aku mulai berangkat dari rumah pukul 17.00. Dari situ, aku langsung menjemput salah satu temanku dan menuju suatu tempat yang sudah direncanakan menjadi tempat berkumpul sebelum pergi ke PIM.

Saat semua telah berkumpul, mulailah kami menuju PIM tempat pelatihan di adakan.
Singkat cerita....
Sampai di PIM kami lalu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk setelah itu meneempati tempat yang telah disediakan.
Sebelum pembimbing datang (sekitar pukul 18.45), kami masih asik dengan kegiatan internet masing-masing hingga tiba-tiba listrik semua komputer padam.
Padamnya listrik ini membuat kami tidak ada kegiatan lagi selain ngobrol bersama guru-guru yang turut hadir.
Sekitar 30 menit berlalu (pukul 19.15) listrik pun hidup kembali dan pembimbing pelatihan telah tiba di tengah-tengah kami.

Pembimbing itu bernama Fikri, Ia adalah salah satu dosen dari Universitas PalComTech.

Dengan santai, sabar dan selalu tersenyum, ia melatih kami semua yang berjumlah 24 orang.
Ia menjelaskan pengertian animasi, program untuk membuat animasi dan cara mengoprasikannya.
Pada kesempatan kali ini, Pak Fikri memperkenalkan kami dengan salah satu program untuk membuat animasi, yaitu Macromedia Flash 8.0.
Awalnya kami semua tidak mengerti cara membuat animasi itu, tetapi berkat Pak Fikri, kami telah tau dasar-dasar pembuatan animasi yang sering dipakai oleh para animator profesional, mulai dari cara menggambar objek, mengedit objek, menambah objek, mengatur animasi sampai cara menjalankan animasi tersebut.

Pertama-tama kami semua di suruh untuk membuat sebuah ojek berbentuk bulat berwarna merah yang kemudian di edit menjadi sebuah Apel. Setelah itu, kami dituntunya untuk membuat gambar yang lebih rumit lagi, yaitu anjing, siput dan gambar seorang laki-laki. Tapi gambar yang rumit itu dijadikan animasi melainkan hanya bertujuan untuk membiasakan tangan kami menggambar dalam komputer. Objek yang di buat animasi nya adalah Apel yang telah kami buat di awal tadi. Disamping gambar Apel itu, dibuatlah seekor Cacing yang sekenarionya akan memakan buah Apel itu sampai habis.
Untuk membuat Cacing itu bergerak, dibuatlah beberapa gambar Cacing lagi yang berdekatan dengan Cacing pertama tadi sehingga ketika dibuat menjadi animasi dan dijalankan, Cacing itu seakan-akan berjalan menuju Apel lalu memakannya sampai habis.
Setelah semua selesai dengan animasinya masing-masing, Pak Fikri pun menutup perjumpaan itu karena waktu telah menunjukan pukul 21.15. Akhirnya sebelum berpisah, Pak Fikri sempat memberi alamat e-mailnya kepada kami untuk di kontak sewaktu-waktu kami ada keperluan atau pertanyaan seputar animasi.

Sesaat sesudah itu, aku pun merasa lega dan sangat berterimaksih kepada PalComTech karena telah memberikan pelatihan yang menambah wawasan ku itu secara cuma-cuma (gratis).
Dan kami pun segera menuju ke GOR untuk makan malam bersama sebelum pulang kerumah masing-masing.

1 komentar:

Rijalul Fikri 28 Mei 2009 pukul 01.20  

Nice post, btw, comment form nya ga bisa versi umum ya. Harus punya account. Overall, tampilan web nya rapi, tidak Cluttered :)

Posting Komentar