Lebaran dan ajang-ajang nya...

Lebaran merupakan hari suci bagi seluruh umat Islam di dunia, termasuk aku dan kalian (muslim yang baca artikel ini). Dalam perayaanya, Lebaran tentulah banyak kita isi dengan kegiatan-kegiatan atau yang bisa disebut ajang positif.
Berikut ini adalah beberapa ajang yang terdapat dalam Lebaran:

1. Lebaran sebagai ajang silaturahmi
Saat lebaran adalah saat di mana kita kembali ke pada kesucian dengan cara saling memaafkan. Oleh karena itulah, silaturahmi kepada tetangga, saudara dan teman-teman merupakan jembatannya.

2. Lebaran sebagai ajang Mudik
Mudik yang merupakan tradisi yang hanya ada di negara kita Indonesia ini, tercatat sebagai kegiatan transmigrasi penduduk terbesar di dunia. Hal ini hanya terjadi saat menjelang hari raya idul fitri. Ini yang bertujuan untuk bertemu dengan keluarga yang berada jauh dari tempat tinggal, untuk meminta maaf atas kesalahan selamai ini. Serta untuk menghilangkan rasa rindu karena terpisah cukup lama.

3. Lebaran sebagai ajang perdamaian
Islam merupakan agama yang selalu mengajarkan umatnya untuk saling menyayangi, mencintai, menghargai, dan menghormati. Oleh karena itu, dalam hari rayanya, seluruh umat muslim juga harus saling meminta maaf dan saling memaafkan, demi terciptanya perdamaian antar umat muslim.

4. Lebaran sebagai ajang saling memberi
Sebelum merayakan Idul Fitri, umat muslim yang telah mampu, wajib membayar zakatnya untuk diberikan kepada orang yang kurang mampu. Hal ini adalah ajaran agama yang bertujuan untuk saling memberi rezeki yang telah di limpahkan oleh Allah SWT kepada sesama umat yang membutuhkan. Selain pada zakat, ajang saling memberi juga terjadi saat orang tua/orang yang telah bekerja, membagikan uang mereka kepada sepupu atau keponakan, yang populer dengan nama "bagi THR".

Dengan 4 ajang positif diatas, semoga Lebaran/Idul Fitri menjadi hari bahagia bagi seluruh umat muslim di dunia.

Selamat merayakan Idul Fitri 1430 H.
Minal aidin walfa idzin, mohon maaf lahir dan batin.

0 komentar:

Posting Komentar